[Testimoni Publik] Antropolog Aceh: Sosok Tu Söp Seperti Al Maududi

Foto dari FB Irhamullah
ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Antropolog Aceh, Kamaruzzaman Bustamam Ahmad, MA, Ph.D menyebutkan bahwa sosok Tgk. Muhammad Yusuf A. Wahab atau yang akrab disapa Tu Söp merupakan figur seperti Abul A’la al Maududi. Hal itu disampaikan oleh Kamaruzzaman dalam acara bedah buku berjudul “Memperbaiki Orang Kuat, Menguatkan Orang Baik” karangan ulama dayah Aceh, Tgk. Muhammad Yusuf A. Wahab di Aula Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Jumat (6/1/2016).

“Beliau mengingatkan saya pada sosok pendiri Jama’at Islami, Abul al-A’la al-Maududi di Pakistan,”ujar penulis buku “Acehnologi” ini.

Antropolog produktif ini juga menambahkan, pendapat tersebut bukan tanpa alasan karena al-Maududi adalah seorang aktivis dakwah sekaligus ilmuwan. Hampir tidak ada perbedaan, Tu Söp dimatanya juga demikian.

“Ini saya sampaikan berdasarkan suara hati saya yang pernah meneliti tentang al-Maududi, saya melihat beliau (Tu Söp) adalah sosok yang sama dengan Maududi. Tu Söp tokoh agamawan, ilmuwan dan juga aktivis dakwah (da’i),” ungkap Kamaruzzaman selaku salah satu pembicara dalam forum yang dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai kalangan.

Buku tersebut turut dihadiri dan dibedah oleh Wakil Rektor III UIN Ar-Raniry; Prof. Dr. H. Syamsul Rijal, M.Ag, Guru Besar Unsyiah; Prof. Dr. Mustanir Yahya, M.Sc, Antropolog Aceh; Kamaruzzaman Bustamam Ahmad, MA, Ph.D, Redaktur Politik & Hukum; Jocerizal, dan turut dihadiri oleh penulis; Tgk. Muhammad Yusuf A. Wahab serta pandu oleh moderator internasional, Mujiburrizal.[]

Sumber: http://www.acehtrend.co/antropolog-aceh-sosok-tu-sop-seperti-al-maududi/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.