Tu Sop: Dengki Adalah Sumber Perpecahan Umat Islam

Tusop.com | Sifat dengki merupakan sumber perpecahan dalam tubuh umat Islam dewasa ini. Dimana api kebencian dan permusuhan antar sesama merupakan klimaks dari penyakit dengki yang tidak kunjung terobati. Akhirnya, umat Islam terjebak dalam perilaku saling menjatuhkan dan menghancurkan. Bukan saling mendukung dan menyempurnakan.

Demikian penegasan yang disampaikan oleh Tgk H. Muhammad Yusuf A Wahab atau biasa disapa Tu Sop Jeunieb, pimpinan dayah Babussalam Al-Aziziyah Jeunieb dalam acara pengajian akbar yang diselenggarakan di dayah Inshafuddin, Jangka, Matang Geuleumpang Dua, kab. Bireuen, Sabtu, 27/2.

Lebih lanjut beliau menegaskan bahwa ukhwah Islamiah harus benar-benar menjadi perekat antar sesama muslim. Sehingga umat Islam walaupun hidup dalam berbagai perbedaan suku, ras dan warna kulit tetapi wujud ibarat tubuh yang satu. Untuk mewujudkan hal ini tentu dalam hati setiap muslim harus wujud rasa kasih sayang antar sesama dan membuang jauh-jauh penyakit dengki.

Persatuan umat Islam, menurut beliau sangatlah penting. Sebab permusuhan dan perpecahan yang menggiring umat Islam dalam perilaku saling menghancurkan akan berimbas pada kekuatan umat Islam itu sendiri dalam kehidupan global dewasa ini. Sebab tanpa persatuan, umat Islam akan menjadi lemah.

Maka oleh karena demikian umat Islam harus cerdas mengelola konflik dan menghadapi perbedaan atau memusnahkan permusuhan yang sudah terlanjur terjadi. Perbedaan harus disikapi secara bijaksana dan manakala terjadi permusuhan maka yang harus dihancurkan adalah permusuhan bukan musuh. Sebab antar sesama umat Islam dan beriman tidak ada Istilah musuh. (CoretanSantri)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.