Tu Sop: Ingin Sukses, Perbaiki Akhlak!

Tu Sop bersama Syeikh Abdurrhman Alahdal, Yaman.

Tusop.com | Sukses erat kaitannya dengan interaksi. Sukses berawal dari kepribadian yang baik. Sebab orang yang memiliki kepribadian yang baik senantiasa disenangi orang-orang di sekelilingnya dan mereka akan tertarik untuk terus berinteraksi dengannya. Sebaliknya, orang-orang yang berkepribadian buruk tidak akan disenangi dan perlahan akan dijauhi dan ditinggalkan oleh orang-orang di sekelilingnya. Maka untuk menjadi orang yang layak sukses, perbaiki akhlakmu.

Demikian pesan yang disampaikan Tgk H. Muhammad Yusuf Abdul Wahab atau biasa disapa Tu Sop kepada ratusan jama’ah dalam pengajian Tauhid Tasawuf dan Tauhid (Tastafi) yang berlangsung malam ini di Mesjid Tgk Batee Timoh, Matang Reuleut, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen, Selasa 30/8.

Lebih rinci Tu Sop menjelaskan bahwa orang yang memiliki akhlak yang bagus selalu terdorong untuk berbuat baik antar sesama. Sebab dalam doktrin akhlak, seseorang dituntut untuk istiqamah dalam prinsip-prinsip kebajikan walaupun kepada orang yang bersikap baik terhadap dirinya. Dan ini akan menjadi magnet yang dapat menarik keridhaan Allah swt sekaligus simpati orang-orang yang berinteraksi dengannya.

“Saat Rasulullah saw ditanyai oleh sahabatnya tentang pengertian akhlak, beliau mendiskripsikan bahwa akhlak itu adalah memberi kepada orang yang kikir kepada kita, menyanyangi orang yang membenci kita, bersilaturrahmi dengan orang yang memutuskan silaturrahmi dengan kita. Prinsip inilah yang dipegang teguh oleh para sahabat Rasul hingga mereka menjadi orang-orang besar. Bahkan namanya dikenang hingga sekarang”, jelas Tu Sop.

Menurut Tu Sop, orang yang tidak berakhlak cendrung tidak disenangi oleh siapapun. Tidak disenangi oleh Allah saw dan Rasul-Nya, juga cendrung dijauhi oleh manusia. Hal ini dapat diukur dari diri kita sendiri. Bagaimana kita tidak menyenangi orang yang berkepribadian buruk, maka demikian pula orang tidak menyenangi kita saat tidak istiqamah dalam kebaikan. Dan tentunya kita akan ditinggal.

“Maka oleh karena demikian, untuk menjadi orang sukses, perbaiki Akhlakmu. Orang berakhlak adalah orang-orang yang disayang Allah swt. Orang yang disayangkan sang Khaliq, senantiasa disukai para makhluk. Jangan takut berkepribadian baik. Karena dalam sejarah dunia, hanya orang-orang baiklah yang sukses secara paripurna”, tutup Tu Sop.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.