Tu Sop: Jangan Habiskan Usiamu Mengejar Nikmat Yang Belum Tentu Sempat Engkau Nikmati


Tusop.com | Hidup kita di dunia ini terlalu singkat. Namun dalam usia yang singkat ini kita harus mampu menyiapkan perbekalan yang tidak sedikit untuk menjalani kehidupan akhirat yang begitu panjang. Oleh karenanya, usia yang singkatharus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengumpulkan pundi-pundi kebajikan. Jangan sampai usia dihabiskan untuk sekedar mengejar nikmat-nikmat duniawi yang belum tentu sempat engkau nikmati.

Begitulah pesan yang disampaikan Tgk H. Muhammad Yusuf H. A Wahab atau biasa disapa Tu Sop dalam pengajian rutin dewan guru Dayah Babussalam Al-Aziziyah, Jeunieb, Minggu (28/8),

Tu Sop menjelaskan bahwa sedetik usia yang dijalani dalam keseharian sangat berharga untuk kepentingan akhirat. Maka oleh karena, jangan biarkan sedetik itu terlewatkan tanpa ada nilai-nilai pahala yang bisa diraih.

Persoalan kebutuhan-kebutuhan duniawi seperti makan, minum dan sebagainya, sebenarnya itu tidak menjadi halangan untuk mamaksimalkan fungsi hidup ini sebagai tempat menyiapkan perbekalan akhirat. Hanya saja, nafsu dan keinginanlah yang kerap kali membuat manusia lelah mencari sesuatu yang belum tentu dibutuhkan hingga lupa substansi dari hidup itu sendiri.

Beliau mencontohkan, uang, harta, fashion, rumah mewah dan sebagainya, itu sebenarnya bukan hal yang terlalu urgen. Jika ada ya tiada masalah. Tapi jangan sampai menjadi fitnah bagi akhirat. Sebab semua hal itu hanya bisa dimanfaatkan dalam masa yang sangat singkat jika dibandingkan dengan masa perjalanan kehidupan akhirat.

Kepada para dewan guru yang berbakti di dayah yang dipimpinnya, Tu Sop berpesan "Anak-anakku, janganlah engkau habiskan usiamu untuk mengejar nikmat yang belum tentu sempat engkau nikmati. Jadikan apapun aktivitas kehidupan ini sebagai investasi akhiratmu", Tutup Tu Sop. (Admin Tusop.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.