Mubes HUDA ke III Akan Perteguh Eksistensi Ulama dalam Merevitalisasi Peradaban Islam



Tusop.com, Banda Aceh - Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) akan menggelar Musyawarah Besar (Mubes) ke III dalam rangka pemilihan ketua baru periode 2018 - 2023.

Kegiatan yang akan berlangsung pada tanggal 24 sampai dengan 26 November 2018 ini mengambil tema "Memperteguh Eksistensi Ulama Dayah dalam Merevitalisasi Peradaban Islam".

Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Mubes, Tgk. H. Muhammad Yusuf A. Wahab yang akrab disapa Tu Sop Jeunieb, Senin, (12/11).

Tu Sop mengatakan, tema ini diambil atas dasar bahwa peradaban Islam diperjuangkan oleh Rasulullah Saw. Dan peradaban ini merupakan manifestasi dari _Rahmatan lil 'alamin_.

"Pimpinan tertinggi yang meletakkan fondasi peradaban Islam ini adalah Rasulullah Saw. Sementara ulama adalah pewaris para Nabi. Ulama merupakan pemangku utama tongkat estafet perjuangan Rasulullah Saw lewat kekuatan dakwahnnya, " ujar Tu Sop yang juga Ketua I HUDA ini.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Mubes, Tgk. H. Faisal Ali menjelaskan, Mubes ke III yang akan dihadiri mencapai 500 peserta dan undangan umum ini berlangsung selama tiga hari.

Selama dua hari berlangsung di Grand Aceh Hotel dan hari terakhir berlangsung di Markas Besar HUDA yang satu kompleks dengan Dayah Thalibul Huda pimpinan Tgk Hasbi Albayuni di Desa Bayu Lamcot Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar.

"Rangkaian acara Mubes yaitu seminar internasional, pembahasan tata tertib Mubes, pemilihan ketua baru, Zikir Akbar di Markas HUDA dan bazar, " kata Tgk. H. Faisal Ali yang juga Wakil Ketua MPU Aceh ini.

Untuk pemateri seminar, kata ulama yang akrab disapa Abu Sibreh ini, panitia mengundang Profesor Emeritus Dato' Dr. Sayyed Muhammad Aqiel, Guru Besar pada Universiti Islam Sultan Syarif Ali (UNISSA) Brunei Darussalam. Beliau InsyaAllah akan menyampaikan makalah dengan tema "Eksistensi Ilmu dan Ulama Dalam Memperkokoh Peradaban Islam".

Sementara pembicara kedua, tambah Abu Sibreh, yaitu Ketua HUDA, Tgk. H. Hasanul Basry (Abu Mudi). Beliau akan menyampaikan materi dengan tema "Peran Penting _Beuet Seumeubeut_ dalam Memperkokoh Eksistensi Peradaban Islam". [Zulkhairi]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.