Tu Sop Lantik Pengurus Besar Rabithah Thaliban Aceh

Pengurus RTA yang dilantik dalam sesi foto bersama dengan para ulama Aceh seperti Waled Marhana dan Tu Sop. Foto: Istimewa

Banda Aceh - Ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA), Tgk. H. Muhammad Yusuf A. Wahab, melantik secara resmi puluhan Pengurus Besar Rabithah Thaliban Aceh (RTA) periode 2019-2023. Proses pelantikan dengan tema “Melangitkan santri dan membumikan dayah” ini berlangsung pada Jum’at malam diselenggarakan di Dayah Markaz Ishlal Al-Aziziyah Luengbata, Banda Aceh, (20/9).

Dalam sambutannya, Tu Sop berharap agar pengurus besar RTA yang dilantik dapat memajukan organisasi santri ini seperti harapan para ulama dayah di Aceh.

”Kalau setelah dilantik kemudiaan pengurus passif sehingga organisasi tidak berkembang, maka itu sudah biasa. Tapi kalau setelah dilantik lalu semuanya aktif berkeja memajukan organisasi, maka itu hal yang luar biasa, “ ujar ulama yang akrab disapa Tu Sop Jeunieb ini.

Tu Sop juga meminta agar pengurus besar RTA dapat secara aktif bersilaturahmi, baik silaturrahmi fisik maupun pemikiran. Sebab, kata Tu Sop menambahkan, dengan silaturrahmi fisik maka akan ditemukan kesamaan-kesamaan persepsi dalam memajukan organisasi. Namun yang lebih penting juga adalah silaturrahmi secara pemikiran.

“Kader-kader RTA harus terampil dalam memecahkan berbagai persoalan keummatan. Maka kerja-kerja dakwah harus berjalan maksimal. Arahkan ummat agar dapat masuk syurga dengan berbekal profesi masing-masing yang mereka geluti. Pedagang misalnya, arahkan mereka untuk berdagang sesuai syari’ah, termasuk untuk memperbanyak sedekah. Begitu juga profesi-profesi lain. Sebab dunia ini adalah ladang untuk berinvestasi untuk hari akhirat, “ tambah Tu Sop lagi.

Seusai pelantikan, para pengurus RTA dipeusijuk oleh Waled Marhaban Bakongan dan Tu Sop Jeunieb sendiri dan ditemani oleh Tu Bulqaini Tanjungan selaku ketua RTA periode pertama.

Sementara itu, Tgk Marbawi Yusuf seusai dilantik menjadi Rais ‘Am (Ketua Umum) RTA menyatakan, pihaknya bertekad untuk membawa RTA menjadi organisasi santri dayah yang sigap untuk mengawal implementasi syari’at Islam di Aceh. Selain, ia juga mengatakan bahwa RTA ke depan akan lebih pro aktif untuk menempatkan dirinya sebagai “anak-anak”nya para ulama dayah di Aceh.

Para pengurus RTA yang dilantik terdiri dari Tgk Marbawi Yusuf sebagai Rais 'Am (Ketua Umum) dan para ketua. Tgk Mahlil Al Haitami sebagai Katib 'Am (sekjend), Tgk Lukmanul Hakim sebagai bendahara dan seratusan pengurus lainnya.

Hadir dalam pelantikan ini para tamu undangan yang terdiri dari para ulama, Kapolres Banda Aceh, perwakilan dari Kodam Iskandar Muda, tokoh-tokoh Aceh dan seribuan santri. [Suara Darussalam/Zulkhairi]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.