Tu Sop Jeunieb Siapkan Trainer TKD HUDA Latih Pemuda dari 200 Gampong Di Pidie Jaya, Pj Bupati Dukung Penuh

Tu Sop Jeunieb saat audiensi dengan Pj Bupati Pidie Jaya, Ir. Jalani

Pidie Jaya -  Para Trainer dari Training Kader Dakwah (TKD) Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) siap menyukseskan TKD HUDA di 200 gampong di Pidie Jaya. Hal ini disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Ulama Dayah Aceh (PB HUDA) Tgk H. Muhammad Yusuf A Wahab atau yang akrab disapa Tu Sop saat bersilaturrahmi dengan Pj Bupati Pidie Jaya, Ir. Jailani di ruang kerjanya, Jum'at, 6 Juli 2024. 

Sebelumnya, pada bulan lalu PB HUDA sudah melakukan Training of Trainers (TOT) bagi para instruktur  guna menjadi trainer handal untuk melaksanakan Training TKD HUDA yang akan ditugaskan untuk mentraining para pemuda di 200 gampong tersebut. Informasi ini seperti yang disampaikan Staf Humas dan Media Tu So Jeunieb, Tgk Al Fadhal. 

Dalam pertemuan ini, Tgk Al Fadhal mengatakan bahwa Tu Sop antara lain mengungkapkan bahwa saat ini Narkoba merajalela di gampong-gampong di Aceh dan nampak belum ada tindakan-pencegahan massif untuk menyelamatkan generasi milenial Aceh. 

Begitu juga dengan angka penceraian pengantin muda sangat tinggi akibat kurang memadainya pemahaman Fardhu ‘Ain. Begitu juga dengan data calon mahasiswa yang dikabarkan tidak mampu membaca Alquran yang mencapai hingga 80% saat tes masuk universitas, juga menjadi perhatian serius.



“Kehadiran TKD mungkin tidak bisa mengubah itu semuanya, tetapi setidaknya mengurangi dan dapat menekankan pengurangan persentase tersebut”, ujar Tu Sop yang juga Dewan Pembina Kaukus Wartawan Peduli Syar'iat Islam (KWPSI) ini.

Menurut Tu Sop, melalui TKD ini nantinya para pemuda itu diharapkan mampu mengubah mindset Fardhu Ain itu suatu kewajiban, generasi milenial harus menyadari pentingnya TKD untuk pemuda dalam merubah pola pikir permasalahan aspek sosial yang nantinya terorganisir dalam Pemerintahan Desa. 

“Membiarkan permasalahan bobroknya akhlaq dan aspek sosial disaat ini akan membuat kita berdosa. Dan juga sebaliknya, akan berpahala jika kita tangani”, kata Tu Sop menjelaskan.

Selain melalui TKD ini, kata Tu Sop Jeunieb, tentu banyak jalan lainnya untuk menyelamatkan generasi muda Aceh dari kerusakan. Bahwa menyelamatkan generasi muda milenial ini bisa juga dilakukan di sekolah-sekolah dengan memanfaatkan OSIS yang nantinya bisa menjadi pelaksana di sekolah- sekolah yang ada.

Sementara itu Pj Bupati Pidie Jaya Ir H Jailani sangat mendukung kegiatan TKD Huda dilaksanakan di seluruh desa dalam Kabupaten Pidie Jaya. Dalam waktu dekat ini, selaku Bupati dirinya akan berkoordinasi dengan dinas DPM, Camat, Apdesi dan pihak lainnya yang dianggap perlu untuk mempersatukan persepsi, mencari skema demi terlaksananya TKD dimaksud.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir Asisten I Setdakab Pijay Sayed Abdullah, Kadis Syariat Islam,  Pengurus Wilayah HUDA Pijay Tgk Zulfikar, Pengurus TKD Pusat Tgk Bahri, Ketua TKD Pijay Tgk Muhammad dan beberapa staf dinas DPM dan Dinas Syariat Islam Pidie Jaya.[]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.